• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Dansatgas Udara Hadiri Apel Gelar Pasukan Ops Pam VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

    Sabtu, 10/19/2024 12:16:00 PM WIB Last Updated 2024-10-19T05:16:48Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id|JAKARTA - Pangkoopsud I  selaku Dansatgas Udara turut menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka memastikan kesiapan prajurit untuk operasi pengamanan VVIP pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2024-2029, bertempat di Lapangan Silang Monas, Jakarta. Jum'at (18/10/2024).


    Apel gelar pasukan tersebut dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dan didampingi oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.


    TNI mengerahkan 100.000 personel pengaman VVIP pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Dari angka tersebut, 24.200 di antaranya akan menjaga keamanan tamu VVIP. Para prajurit TNI tersebut akan bertugas selama tujuh hari, mulai dari 17-23 Oktober 2024. Dikesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya mengerahkan sebanyak 15.000 personel untuk mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. 


    Dalam amanatnya, Panglima TNI mengatakan bahwa pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia bukan hanya acara kenegaraan biasa, melainkan simbol kelangsungan demokrasi dan kedaulatan bangsa Indonesia. Setiap personel yang terlibat untuk senantiasa waspada.



    Adapun selama beroperasi, prajurit pengaman VVIP dibagi menjadi 10 satuan tugas (satgas) yang bergerak di bawah naungan Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP yang dipimpin oleh Pangkogabwilhan I, Laksdya TNI Rachmad Jayadi, M.Tr.(Han). Kesepuluh satgas tersebut adalah Satgas Pengamanan Wilayah; Satgas Pengamanan VVIP; Satgas Pasukan Khusus; Satgas Penerangan; Satgas Medis, Satgas Intel, Satgas Laut, Satgas Udara, Satgas Komunikasi dan Elektronika dan Satgas Siber. Selain itu, personel Mabes TNI juga turut dalam pengamanan tersebut.


    Turut Hadir dalam Apel tersebut, Kasau Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dan para pejabat TNI-Polri Lainnya, beserta ribuan personel dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara dan Polri.


    Sumber : Pen Koopsud I

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini