• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Penutupan Sukabumi Expo 2024 Berhasil Memajukan Usaha Mikro dan Potensi UMKM serta Peningkatan Sektor Pariwisata

    Selasa, 9/10/2024 07:15:00 PM WIB Last Updated 2024-09-10T12:15:28Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id|SUKABUMI - Perhelatan Sukabumi Expo 2024 dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke 154 resmi ditutup oleh Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami di Lapangan Cangehgar Palabuhanratu, Senin, (9/9/24) petang. Tari kohkol keprak persembahan dari sanggar srikandi hiasi acara penutupan. 


    Sukabumi expo yang berlangsung sejak 6 hingga 8 September 2024 ini telah sukses menyajikan beragam kegiatan menarik, seperti pameran pembangunan daerah, pameran produk UMKM, wahana permainan, dan panggung hiburan.


    Bupati Sukabumi H Marwan Hamami mengatakan, pagelaran Sukabumi Expo 2024 telah berhasil memajukan usaha mikro dan potensi UMKM serta peningkatan sektor pariwisata.


    "Kesuksesan expo ini berkat kolaborasi yang solid antara panitia penyelenggara dengan stakeholder yang terlibat. Oleh karena itu penyelenggaraan tahun ini harus menjadi bahan refleksi kedepan," ungkapnya.


    Dia menjelaskan, pameran sukabumi expo 2024 berhasil mencatat transaksi sebesar Rp 3,5 Miliar. Hal tersebut membuktikan bahwa sektor UMKM di Kabupaten Sukabumi menunjukkan hasil produksi yang berkualitas dan inovatif.


    "Ini merupakan bukti nyata dari pemerintah daerah dalam ‘melanjutkan dan mewujudkan karya’ kepada masyarakat dalam menciptakan visi dan misi pemerintahan yang baik (good governance)," ujarnya.


    Bupati H.Marwan pun berpesan kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif memajukan daerah dengan mengoptimalkan potensi yang ada. Termasuk meningkatkan komitmen agar inovatif dan kreatif di semua aspek pembangunan. 


    "Selamat menikmati sajian hiburan. Semoga acara ini bermanfaat dan mendatangkan kebaikan dan keberkahan untuk kita semua,"tandasnya.


    Ditempat yang sama, Panitia Penyelenggara HJKS ke 154, Sendi Apriadi menuturkan, rangkaian peringatan hari jadi kabupaten sukabumi ke 154 berlangsung sejak 10 Agustus 2024. Setidaknya terdapat 44 agenda telah terlaksana dengan baik yang ditandai dengan kegiatan festival Perahu Fest di Kawasan Geopark. 


    "Total agenda kegiatan selama peringatan hari jadi sebanyak 44 event. Puluhan agenda ini berjalan dengan efektif selama 23 hari," jelasnya.


    Sendi mengklaim, selama 23 hari kegiatan berlangsung tidak kurang dari 70 ribu orang berpartisipasi dalam peringatan hari jadi kabupaten sukabumi ke 154. Terkhusus di pameran Sukabumi Expo jumlah kunjungan masyarakat mencapai sekitar 5000 orang per hari, apalagi di saat akhir pekan jumlah kunjungan lebih meningkat.


    "Walaupun event ini tidak satu bulan penuh tetapi antusiasnya sangat luas biasa. Perputaran uang di kegiatan ini mencapai 5,9 miliar," paparnya


    Sendi menyadari, kegiatan tersebut belum seutuhnya sempurna. Kendati begitu pihaknya optimis akan terus melakukan kreativitas yang terbaik sehingga kedepan penyelenggaraan seperti ini bisa lebih meriah lagi. 


    Dalam kesempatan tersebut Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami menyerahkan berbagai penghargaan kepada instansi pemerintah dan swasta atas partisipasi suksesi penyelenggaraan HJKS ke 154, dilanjutkan dengan pengundian 1 paket umroh bagi peserta Touring Ngabumi 2024 oleh Bupati Sukabumi.



    Penutupan ditandai dengan penekan tombol sirine oleh Bupati Sukabumi beserta unsur forkopimda lainnya. 


    Berikut beberapa stand terbaik Sukabumi Expo 2024, antara lain :

    Juara 1 diraih oleh Bapenda Kabupaten Sukabumi. 

    Juara 2 diraih oleh RSUD Sekarwangi, dan

    Juara 3 diraih oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.


    (*red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini