• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Panwascam Cisolok Gelar Sosialisasi Deklarasi Netralitas Pada Pilkada Serentak Tahun 2024

    Rabu, 9/18/2024 12:46:00 PM WIB Last Updated 2024-09-18T06:29:46Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id|SUKABUMI - Bawaslu Kabupaten Sukabumi  Provinsi Jawa Barat  melalui Panwascam Cisolok menggelar sosialisasi deklarasi netralitas kepada para TNI, Polri, ASN, Kepala Desa dan Perangkat Desa di wilayah Kecamatan Cisolok pada Pilkada serentak tahun 2024. Kegiatan tersebut di gelar diaula gedung PPSDM Aparatur Geologi Jln Raya Karanghawu - Simpang Cisolok, Rabu (18/09/2024).


    Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekertaris Kecamatan Cisolok Okih Pajri Asidiq S.ag, Danramil Cisolok, Lettu Arm Rohyadi Santoso, Kapolsek Cisolok, Akp H.Nandang Herawan S.Pd, para kepala UPT dan UPTD, para kepala Desa beserta perangkat Desa sekecamatan Cisolok, ASN, TNI dan anggota Polri.


    Disela-sela kegiatan, Ketua Panwascam Cisolok Saeful Anwar, saat di wawancara awak media menyampaikan, hari ini adalah acara sosialisasi netralitas dan deklarasi, bukan hanya TNI Polri , kepala Desa, ASN dan perangkat Desa saja termasuk kami sendiri menyatakan deklarasi untuk Netral.


    "Walaupun mungkin TNI Polri sudah jelas netralnya, tidak bisa diragukan hal tersebut upaya juga kasih sayang daripada Bawaslu yang mungkin implikasi di Kecamatan Cisolok itu digagas oleh Panwascam Kecamatan Cisolok," ucap Saeful.


    Selanjutnya Saeful Anwar menyampaikan, semisal kepala desa dan sebagainya dianggap tidak Netral, maka implikasinya akan menghambat atau tidak sukses terhadap jargon Kecamatan Cisolok yaitu Pilkada Pilgub sukses tanpa ekses di kecamatan Cisolok.


    "Mungkin yang hadir pada kesempatan kali ini menjalankan amanah, sebagaimana yang telah kami sampaikan yaitu bersikap netral sesuai dengan tugasnya masing-masing," terang Saeful Anwar


    Ketika di tanya kalau ada yang tidak Netral, Saeful Anwar pun menyampaikan, ketika misalnya ada nanti di dalam pelaksanaan kalau ada pihak yang tidak netral tentu saja kami akan bertindak tegas.


    "Ketika tidak netral, maka kami akan tindak tegas. Tindakan itu tentu saja awalnya dari Informasi maupun temuan kami apabila ada ASN yang yang melakukan pelanggaran, kami akan memberikan rekomendasinya. Direkomendasikan kepada Komisi Aparat Sipil Negara tentu dan bagi kepala Desa yang melanggar, itu akan kami rekomendasikan ke sentragakumdu Bawaslu dan diteruskan ke Kejaksaan," ungkap Saeful Anwar.


    Di tempat yang sama, Sekertaris Kecamatan Cisolok Okih Pajri Assidiq S.Ag Perwakilan dari Forkopimcam Cisolok menambahkan, kami sangat mengapresiasi Panwascam Kecamatan Cisolok sudah menginisiasi kegiatan ini sesuai dengan rangkaian kegiatan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pilkada 2024 di wilayah Kecamatan Cisolok pada khususnya.


    "Pada dasarnya kami mendukung sepenuhnya untuk kegiatan dimaksud dan mudah-mudahan netralitas unsur TNI Polri, ASN para kepala Desa dan perangkat Desa bisa betul-betul memahami kaitan dengan tugas pokok, fungsi, larangan, hak dan kewajiban yang melekat pada diri masing-masing," jelas Okih.



    Okih Pajri Assidiq S,Ag pun mengingatkan kepada semua yang hadir, untuk itu saya ingatkan kepada seluruh institusi jajaran khususnya di wilayah kecamatan Cisolok untuk berlaku netral.


    "Sekali lagi Kecamatan Cisolok sepenuhnya mendukung dan apresiasi untuk langkah-langkah strategis yang sudah dilakukan oleh Panwascam Cisolok untuk mewujudkan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, ini Pilkada yang kompetitif, Pilkada yang berprestasi, sehingga hasilnya sesuai yang kita harapkan. Kondisi aman terkendali, Pilkada sukses tanpa ekses," pungkasnya.


    (Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini