• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Antusias Warga Sangat Luar Biasa di HUT ke-12 Tahun Desa Cimanggu Kecamatan Palabuhanratu

    Kamis, 9/05/2024 06:26:00 PM WIB Last Updated 2024-09-05T11:42:03Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id|PALABUHANRATU - Berbagai atraksi kesenian serta suguhan hasil bumi di pamerkan dalam karnaval dondang, yang merupakan puncak perayaan hari jadi Desa Cimanggu yang ke-12 tahun. Acara puncak tersebut dilaksanakan mulai dari kantor Desa Cimanggu sampai Lapangan Cikeong Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Dimana sorak sorai ratusan masyarakat bergemuruh memeriahkan HUT Desa Cimanggu ke-12 tahun tersebut.


    Acara dihadiri oleh Camat Palabuhanratu, Danramil dan Kapolsek Palabuhanratu, Perwakilan dari DPMD Kab.Sukabumi, para Kades se-wilayah Palabuhanratu dan warga masyarakat Desa Cimanggu serta tamu undangan lainnya.


    Pantauan dilapangan, jajaran pimpinan forum komunikasi kecamatan Palabuhanratu dipimpin Camat Deni Yudono, Kapolsek dan Danramil Palabuhanratu serta unsur terkait lainnya turut hadir menyaksikan kemeriahan momen hari jadi Desa Cimanggu yang ke-12 tahun.


    Kepala Desa Cimanggu, DEMI mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya acara ini, antusias masyarakat sangat tinggi sejak mulai perencanaan dan pembukaan hingga acara pemotongan tumpeng sebagai acara puncak menyambut hari jadi desa.


    "Alhamdulillah, dari perencanaan hingga puncaknya, kami bangga dengan antusiasme masyarakat dalam merayakan hari jadi desa," ungkap DEMI.


    Menurutnya, persiapan acara ini sudah dilakukan beberapa bulan sebelumnya, dan kerja keras itu terbayar dengan kemeriahan yang luar biasa. Dimana salah satu hal yang mengesankan adalah kreativitas warga dalam membuat dongdang sebuah tradisi menghias hasil bumi yang disusun sedemikian rupa.



    "Yang tidak terbayangkan, biaya pembuatan dongdang itu bisa mencapai di atas lima juta, bahkan ada yang mencapai sepuluh juta. Kami hanya memberikan sedikit dukungan, tetapi alhamdulillah, masyarakat sangat antusias," jelasnya.


    Ditegaskan Demi, rangkaian perayaan hari jadi Desa Cimanggu ini dimulai sejak 30 Agustus lalu dengan berbagai kegiatan, termasuk pertandingan bola antar ibu-ibu dari empat kedusunan.


    DEMI juga menjelaskan bahwa rangkaian acara akan berlangsung hingga 8 September 2024, dengan berbagai hiburan yang sudah dipersiapkan, seperti panggung musik, band, dangdut, hingga bazar yang didukung oleh DKP (Dinas Ketahanan Pangan) Kabupaten Sukabumi, Poktan (kelompok tani) dan Bumdesma.


    Kebanggan lain, masih kata Demi, di tahun 2024 ini Desa Cimanggu Kecamatan Palabuhanratu juga telah resmi menjadi strata desa mandiri, tentunya hal itu merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa dan membanggakan.


    "Harapan kami, setelah menjadi desa mandiri, masyarakat Cimanggu dapat semakin sejahtera," paparnya.



    Dengan sisa waktu dua tahun dalam masa jabatannya, terus bertekad untuk terus mendorong peningkatan sumber daya manusia di desanya agar Desa Cimanggu semakin maju dan program-program pembangunan dapat terealisasi dengan baik.


    "Perayaan ini menjadi bukti semangat dan kekompakan warga Desa Cimanggu dalam menjaga tradisi dan merayakan pencapaian bersama. Kami bersyukur, semoga Desa Cimanggu tetap jaya dan maju," pungkasnya.


    (Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini