• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Pasca Terjadinya Kebakaran, Pemdes Jayanti Sigap Berikan Bantuan Kepada Keluarga Korban

    Minggu, 8/25/2024 07:33:00 PM WIB Last Updated 2024-08-25T12:51:19Z
    masukkan script iklan disini
    (Foto: Pemdes Jayanti dengan sigap memberikan bantuan kepada keluarga yang mengalami kebakaran)

    Jelajahhukum.id|SUKABUMI - Pasca terjadinya kebakaran satu toko material dan satu unit rumah serta kandang ternak yang terjadi di Desa Jayanti. Kepala Desa Jayanti Nandang,S.Ag dengan sigap memanggil semua para lembaga desa, RT, RW dan kadus untuk membantu keluarga yang mengalami musibah tersebut, Minggu (25/08/2024).


    Kepala Desa Jayanti Nandang,S.Ag menjelaskan bahwa langkah yang diambil oleh Pemdes Jayanti yaitu dimulai pukul 10.00 Wib mengumpulkan para lembaga desa, staf desa, ibu RT, kadus dan semua lembaga desa jayanti terkait apa saja langkah yang harus kita ambil.


    1. Kami siapkan berita acara sebagai bahan laporan kepada semua instansi terkait.

    2. Melakukan tindakan yang harus sesegera mungkin kita ambil, karena para penghuni rumah tersebut hari ini yang terselamatkan itu hanya pakaian yang dibadan saja.

    3. Kami menghimpun donasi dalam bentuk pakaian kepada seluruh warga desa jayanti yang berkenan siapapun, baik warga desa jayanti maupun diluar Desa Jayanti.


    "Dari Pemdes Jayanti Insya Allah lagi kita bahas bersama dan sedang kita rinci kebutuhan-kebutuhan yang memang perlu sesegera mungkin disampaikan kepada korban, terutama pemilik rumah," tuturnya.


    Insya Allah pemdes jayanti akan membantu, lanjut Nandang, karena staf desa jayanti pada waktu penerimaan siltap ada pembayaran zakat dan dikumpulkan di bendahara.


    "Insya Allah dari hasil kumpulan zakat tersebut kita akan distribusikan sebagian dalam bentuk uang tunai dan sebagian lagi akan dibelanjakan untuk kebutuhan sembako," ungkapnya.


    Nandang pun berharap, mudah-mudahan hari ini bisa terealisasi dan bisa sesegera mungkin didistribusikan kepada pihak korban.


    "Sekali lagi kami turut berduka dan berbela sungkawa yang mendalam, semoga keluarga diberikan ketabahan dan kami apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu memadamkan kebakaran tersebut," ujarnya.


    Adapun langkah-langkah yang diambil dari pihak kecamatan Palabuhanratu setelah mendapat laporan adanya kebakaran di Desa Jayanti, Camat Palabuhanratu Deni Yudono mengatakan, kami langsung merespon laporan dari kepala desa Jayanti kaitan musibah kebakaran yang terjadi tadi subuh ya.


    "Tentunya ini untuk melakukan percepatan, maka kita menyelesaikan administrasi pelaporan yang pertama, yang kedua supaya ada respon secepatnya dari pemerintah Kabupaten  dalam hal ini yang kompeten diantaranya BPBD, Dinsos, Baznas dari PMI membutuhkan administrasi. Untuk itu saya hari ini datang ke sini untuk melihat dan sekaligus juga mempercepat proses administrasi tersebut," tegasnya.



    Camat pun berharap dan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang ada di Kecamatan Palabuhanratu karena sekarang sedang musim kemarau ya, tentunya sangat rentan sekali terjadinya kebakaran. Hal ini tentunya membutuhkan kerjasama dari semua pihak untuk selalu melakukan kewaspadaan, diantaranya tidak membuang puntung rokok sembarangan atau pun tidak meninggalkan pembakaran-pembakaran yang bisa memicu terjadinya kebakaran.


    "Saya berpesan untuk masyarakat yaitu kewaspadaan, apalagi sekarang juga masyarakat Palabuhanratu sedang diterpa issue Megatrust, untuk itu saya menghimbau kepada warga masyarakat Palabuhanratu untuk selalu waspada dan meningkatkan doa dan keimanan kepada Allah Subhanahuwata'ala," pungkasnya.


    (*one)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini