• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Acara Seren Taun Adat Kasepuhan Cisitu Sangat Meriah dan Luar Biasa

    Minggu, 7/28/2024 06:13:00 PM WIB Last Updated 2024-07-28T11:52:21Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id|LEBAK - Abah Ibin selaku Ketua adat kasepuhan kampung Cisitu yang ada di Rw 002 Desa Situ Mulya Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak mengadakan acara seren taun setahun sekali, menjalankan titipan dari para leluhurnya yang tidak bisa di tinggalkan karena sudah menjadi budaya adat tradisi, Sabtu (27/07/2024).


    Saat awak media mendatangi kediaman kasepuhan ABAH IBIN mengatakan bahwa, muhun di kampung Abah sok di ayakeun seren taun setaun sakali Mun bahasa Abah mah ngamumule hasil panen pare supaya aya Dina kaharkatan sareng manfaat nya (sunda_red)

    "Abah mengadakan acara seren taun setahun sekali dalam rangka syukuran atas hasil panen padi supaya hasilnya dapat bermanfaat kedepannya," ungkapnya.

    Abah Ibin pun menyampaikan, alhamdulilah di rojong (meriahkan dan didukung) oleh para rendangan incu putu tokoh masyarakat ,tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, ataupun dari pemerintahan setempat.


    Selain dari itu, Abah memberikan tugas kepada para panitia supaya acara ini betul-betul meriah.


    "Ya alhamdulilah para panitia mengikuti perintah Abah, mengumpulkan para donatur sekaligus para pengusaha yang ada di kampung Cisitu untuk mengadakan beberapa acara, baik hiburan maupun acara yang lain nya. Salasatunya ada hiburan dog-dog  lojor, jaipong, dangdut, debus dan olah raga," jelasnya.


    Yang paling di prioritaskan di acara ini ialah dari cabang olahraga volleyball putra. Para panitia mendatangkan pemain 8 klub berkelas untuk bertanding memperebutkan hadiah se'ekor Sapi untuk juara 1 (Satu), untuk Juara dua berhadiah uang tunai sebesar Rp 5.000.000 .

     

    "Alhamdulilah acara demi acara berjalan sukses atas dasar dukungan dari banyak pihak salahsatunya pihak bapak Jaro Iyo, selaku tokoh masyarakat atau mantan kades kujang sari yang jabatannya 3 periode berturut-turut," pungkasnya.



    Kampung Cisitu sangat luar biasa merancang dan mengadakan acara yang begitu meriah, tentunya di tonton orang banyak di areal pertandingan volley ball.


    Setelah pertandingan selesai, Jaro Iyo bersama jajaran mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas lancarnya acara di Kasepuhan Abah Ibin. 


    (Herman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini