• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    10 Desa di Kabupaten Sukabumi Masuk Pilot Project Program PESIAR BPJS Kesehatan

    Rabu, 7/31/2024 11:37:00 AM WIB Last Updated 2024-07-31T04:37:41Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id|SUKABUMI - Sebanyak 10 desa di Kabupaten Sukabumi masuk dalam pilot project program Petakan, Sisir, Advokasi, Registrasi (PESIAR) yang digagas BPJS  Kesehatan. 10 desa tersebut ialah Karawang, Cisaat, Cimanggu, Citepus, Bojongraharja, Citanglar, Sekarwangi, Ubrug, Cikembar, dan Warungkiara. Atas hal tersebut, perwakilan dari 10 desa itu berkumpul di Pendopo Sukabumi, Rabu (31/07/2024).


    Mereka berkumpul dalam Forum Monitoring dan Evaluasi Implementasi Program Pesiar Kabupaten Sukabumi tahun 2024. Di mana, kegiatan tersebut dibuka Sekda Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman


    H. Ade dalam sambutannya mengatakan, 10 desa yang berkumpul hari ini merupakan yang terpilih. Bahkan, menjadi percontohan bagi desa lainnya di Kabupaten Sukabumi.


    "Desa merupakan ujung tombak pemerintah daerah. Melalui program ini dan keberadaan bapak/ibu di desa, tolong keaktifan masyarakat dalam hal BPJS Kesehatan bisa lebih meningkat," ujarnya.


    Di mana keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan akan menjaga kualitas Universal Health Coverage (UHC). Hal itu sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


    "Keaktifan BPJS Kesehatan akan menjaga UHC," ucapnya.


    Maka dari itu, sambung Ade, dirinya memiliki harapan besar terhadap agen pesiar di sejumlah desa tersebut. Terutama dalam meningkatkan jumlah keaktifan masyarakat dalam iuran BPJS Kesehatan.


    "Tolong bantuan bapak/ibu semuanya. Terutama dalam meningkatkan keaktifan masyarakat," ucapnya.


    Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sukabumi Dwi Surini mengatakan, program PESIAR lahir untuk memetakan penduduk agar mereka memiliki jaminan kesehatan. Maka dari itu, terdapat agen pesiar di setiap desa yang dijadikan pilot project. Agen pesiar ini merupakan orang-orang yang direkomendasikan desa.


    "Agen pesiar ini, nanti bertugas memetakan, mengadvokasi, dan meregistrasi kepesertaan BPJS Kesehatan di setiap desa. Hal yang tak kalah penting, meningkatkan keaktifan iuaran BPJS Kesehatan," ungkapnya.



    Bahkan menurutnya, agen pesiar ini menjadi garda terdepan dalam kemajuan desa. Terutama dalam hal jaminan kesehatan. Apalagi, desa pasti mengetahui jumlah penduduknya.


    "Ini tugas mulia dalam menyukseskan jaminan kesehatan untuk desa," pungkasnya.


    Dalam kegiatan tersebut pun, dilakukan penyerahan tanda identitas terhadap agen pesiar yang bertugas di setiap desa.


    (Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini