• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Pemdes Jayanti Salurkan BLT BBM dan BPNT Kepada 746 KPM

    Rabu, 9/14/2022 03:48:00 PM WIB Last Updated 2022-11-18T02:48:46Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id||Sukabumi - Semenjak Pemerintah Pusat menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, dampaknya sangat terasa kepada masyarakat. Dari itu pemerintah pusat melalui kementrian sosial memberikan bantuan langsung tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada warga masyarakat indonesia yang kurang mampu sesuai data dari kemensos. Seperti hal nya hari ini Rabu (14/09/2022) warga masyarakat Desa Jayanti mendapatkan BLT BBM tersebut. Acara penyaluran BLT BBM dilaksanakan di Kantor Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.


    Kepala Desa Jayanti Nandang,S.Ag mengatakan, alhamdulilah hari ini di Desa Jayanti sedang berlangsung penyaluran BLT BBM dan BPNT akibat dampak dari kenaikan BBM, hampir seluruh desa diwilayah indonesia dilaksanakan penyaluran bantuan tersebut dan ada juga yang sudah menyalurkan. Kebetulan di desa jayanti jadwal nya hari ini.


    "Total penerima KPM di Desa Jayanti sebanyak 746 orang, termasuk itu ada 7 orang warga desa citarik. Artinya itu yang masuk data nya ke kita, tapi kita tetap distribusikan dan kita libatkan juga mereka dengan warga-warga kita, tidak ada hal yang kita diskriminasi, semuanya sama," kata Nandang.


    Sebelumnya, Nandang pun menjelaskan bahwa kita melakukan dulu pemotretan sesuai instruksi dari kantor pos dan dari Dinsos, bahwa sebanyak 746 KPM ini sudah dilakukan pemotretan rumah nya dan hari ini juga dihadiri juga oleh babinsa, bhabinkamtibmas, kasi trantib, bendahara, kesos kecamatan, linmas, LPM, pendamping PKH, pendamping desa, DPD dan semua perangkat desa juga hadir termasuk petugas dari kantor pos yang ditugaskan kan juga hadir membagikan BLT BBM ini.


    "Alhamdulilah kami sangat berterima kasih, meskipun diluar sana ada warga yang tidak kebagian, kita maklum saja mereka komplain nya ke desa, tapi tidak apa-apa. Ini menjadi pemahaman buat kita dan buat mereka bahwa data yang mendapatkan bantuan ini langsung dari pusat," jelas Nandang.



    Untuk jumlah bantuan per-KPM, masih kata Nandang, sebagaimana yang tertera di surat edaran bahwa untuk BLT BBM Rp 150 ribu untuk satu bulan, dan kali ini dibagikan 2 bulan, jadi 300 ribu dan untuk bantuan sembako (BPNT) bulan september sebesar Rp 200 ribu. Jadi total warga menerima bantaun BLT BBM dan BPNT sebesar Rp 500 ribu/KPM.


    "Menjadi kewajiban kami ketika kasi kesra,kesos kecamatan dan yang terkait, bahwa kami setiap kali mengarahkan bagi warga yang belum mendapatkan bantuan sosial, kita mencoba pertama segera mendaftarkan melalui Sik NG, yang kedua kami pun melirik siapa saja warga yang belum kebagian. Kadang-kadang begini, padahal mereka sudah mendapatkan bantuan satu kali sampai dua kali, tetapi ketika hari ini ada pembagian bantuan mereka bilang nya, saya ga kebagian. Ada juga yang seperti itu," terang Nandang.


    Kemudian bagi warga yang belum pernah mendapatkan bantuan, desa berupaya untuk mengajukan bantuan tersebut ke pemerintah. Mudah-mudahan bisa masuk melalui pintu-pintu yang lainnya. Kecuali khusus untuk BLT DD, kalau BLT DD yang jelas pasti itu murni urusan nya urusan desa.


    "Maka saya selalu mengatakan kepada warga. Satu-satunya bantuan yang kalau warga mau protes ke desa itu silahkan bantuan langsung tunai dana desa, jika ada penerima BLT DD yang tidak pas atau pun tidak wajar, maka silahkan bisa protes dan komplain ke desa," tegasnya.


    Ditempat yang sama, Bhabinkamtibmas Desa Jayanti Bripka Legawan SH menyampaikan, dimana hari ini BBM sudah naik dan memang itu mempengaruhi kehidupan ekonomi sekitar, mudah-mudahan dengan adanya BLT BBM dari pemerintah ini bisa bermanfaat, setidaknya bisa meringankan beban masyarakat dampak dari kenaikan BBM ini.


    "Dalam pembagian bantuan ini kami selaku bhabinkamtibmas akan mengawal supaya aman, tertib dan kondusif," ungkapnya.


    Sementara itu, Suryeti warga kampung Bagbagan Rt 01/01 Desa jayanti mengatakan bahwa hari ini saya mendapatkan BLT BBM sebesar Rp 500 ribu dan tidak ada pemotongan apapun.


    "Terima kasih kepada pemerintah pusat,daerah dan pemerintah desa. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan dapat meringankan beban kebutuhan sehari-hari keluarga saya," pungkasnya.


    Penyaluran BLT BBM dan BPNT di Desa Jayanti Berjalan Aman, tertib dan lancar.


    (TIM)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini