• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Ini Produk Unggulan UMKM Desa Cibodas dan Desa Cikadu di Bazar Expo Palabuhanratu Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Sukabumi

    Senin, 9/05/2022 05:41:00 PM WIB Last Updated 2022-09-05T10:41:19Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id||Sukabumi _ Desa-desa seKecamatan Palabuhanratu buka stand di Bazar Expo Palabuhanratu dalam rangka hari jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-152, Bazar Expo Palabuhanratu tersebut di adakan di samping Lapang Cangehgar Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jum'at (02/09/2022). 


    Sementara itu pembukaan Bazar Expo Palabuhanratu di buka langsung oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dengan gunting pita.Bazar tersebut dilaksanakan selama dua minggu.


    Bazar Expo Palabuhanratu ini menyajikan berbagai jajanan UMKM. Selain itu, terdapat berbagai macam hiburan panggung setiap harinya.


    Salah satu desa yang buka stand di Bazar Expo Palabuhanratu adalah Desa Cibodas dengan Kepala Desa nya sendiri H. Jajah Junajah S.Pd I mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu cara pemulihan ekonomi. Khususnya, setelah pandemi covid-19 selama dua tahun terakhir.


    "Saya bersyukur kegiatan ini bisa terlaksana kembali. Sehingga, bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.


    Jajah pun menjelaskan bahwa dari Desa Cibodas sendiri kami menyajikan berbagai macam produk UMKM kuliner hasil dari olahan ibu-ibu PKK Desa Cibodas dengan produk unggulan minuman sari markisa.


    "Minuman sari markisa tersebut kami olah tanpa memakai bahan pengawet dan bisa tahan sampai tiga hari. Apalagi di simpan di lemari pendingin, bisa tambah enak diminum," kata Junajah Jajah.



    Selain Desa Cibodas yang mempunyai produk unggulan olahan minuman markisa, ada juga Desa Cikadu dengan Kepala Desa nya Neng Elva Yulianti. Saat awak media mewawancarai, Ia pun menyampaikan, dimana pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukabumi mulai meningkat karena dua tahun terakhir ini bangsa Indonesia mengalami pendemi Covid-19.


    "Makanya, kegiatan Bazar Expo ini bisa dijadikan wahana untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Terutama dari sisi UMKM yang menjadi prioritas utama," ucapnya.


    Bazar ini dilakukan untuk memperkenalkan produk UMKM kuliner khas Sukabumi. Lewat bazar ini, bisa menjembatani produk UMKM Sukabumi lebih dikenal masyarakat. Sehingga, rasa bangga terhadap produk dalam negeri bisa tertanam di masyarakat.


    "Ini juga untuk memacu UMKM supaya lebih tergerak," ujarnya.


    Untuk Desa Cikadu sendiri, lanjut Neng Elva, kami jual produk UMKM olahan kuliner yang diproduksi oleh ibu-ibu PKK Desa Cikadu, berbagai macam produk olahan diantara Air cue yang terkenal di Palabuhanratu, rengginang, keripik pisang dan banyak lagi yang lainnya.


    "Olahan yang jadi unggulan kami adalah keripik batang (gebog) pisang, tidak sembarang batang (gebog) pisang kami olah," pungkasnya.



    Tujuan di adakan nya Bazar Expo Palabuhanratu adalah untuk mengenalkan keragaman kuliner Sukabumi. Selain itu, meningkatkan pendapatan pengrajin UMKM, khususnya di bidang kuliner. 


    Masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk hadir dan meramaikan Bazar Expo Palabuhanratu yang menampilkan kuliner beraneka ragam. Ngabuburit sambil menikmati berbagai ragam kuliner bisa kesini. Semoga kegiatan ini lancar dan sukses.


    Reporter: Novita

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini