• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Kepala Pengamanan Lapas Kelas II B Sungailiat Berikan Penguatan Tugas Pokok Demi Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban

    Rabu, 5/25/2022 08:57:00 PM WIB Last Updated 2022-05-25T13:58:08Z
    masukkan script iklan disini


    Jelajahhukum.id||Bangka - Demi Terwujudnya keamanan dan ketertiban didalam lapas tentunya tidak lepas dari peran petugas dalam pelaksanaan tugas sehari-harinya. Untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas II B Bukit Semut Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jajaran pengamanan diberikan penguatan tugas dan fungsi pokok pengamanan, Rabu (25/05/2022).


    Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kalapas dan Kepala Keamanan Lapas Kelas IIB Bukit Semut Sungailiat Dodik Harmono, A.Md Ip, SH,.MH didampingi oleh Staf dari jajaran Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) beserta Keamanan dan Ketertiban (Kamtib). Kegiatan dilaksanakan di Aula Lapas Bukit Semut Sungailiat.


    Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh anggota regu pengamanan, staf KPLP dan Staf Kamtib. Penguatan kali ini memang difokuskan kepada jajaran pengamanan agar bekerja sesuai dengan SOP, karena jajaran pengamanan merupakan jajaran yang berhubungan langsung dengan kegiatan pengamanan di Lapas.


    "Pada kegiatan kali ini jajaran diberikan arahan agar bekerja sesuai dengan SOP yang ada di Lapas Kelas II B Bukit Semut Sungailiat," jelas Dodik.


    Selain itu, dikatakan Dodik, pihaknya juga mengantisipasi pencegahan barang-barang terlarang yang masuk ke dalam Lapas dari mulai titipan barang/makanan pengunjung maupun barang-barang yang didalam ataupun yang akan masuk hunian warga binaan yang dianggap tidak boleh secara aturan masuk kedalam Lapas.



    Dengar kabar pada bulan Juni, juli atau agustus, apabila Covid-19 sudah menurun, maka kunjungan/besukan untuk keluarga warga binaan/tahanan di Lapas seluruh indonesia akan dibuka.


    "Masih berupa isu-isu publik, karena kami pribadi yang bekerja di lapangan khususnya di lapas sungailiat, masih menunggu kabar dari Pusat," ujar dodik.


    Mengantisipasi hal tersebut, lapas Sungailiat berupaya mencegah barang terlarang masuk kedalam lapas, apabila nanti kunjungan/besukan di laksanakan. Karena hal ini menjadi kewaspadaan bagi Lapas agar pelaksanaan penerimaan kunjungan nanti apabila dilaksanakan di tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan humanis sesuai dengan aturan dan SOP yang berlaku di Lapas Kelas II B Sungailiat.


    "Pelaksanaan proses pengamanan titipan barang/makanan saat ini wajib sesuai dengan SOP secara tertib, tidak ada pungli dan dilakukan dengan humanis serta teliti agar tidak ada barang terlarang masuk kedalam Lapas," tegas Dodik.


    Dodik juga menekankan kepada seluruh jajaran pengamanan untuk selalu bisa menjadi Orang Tua yang bisa mengasuh warga binaan, seperti Orang tua yang mengasuh anaknya di Lapas Kelas II B Bukit Semut Sungailiat.



    Terakhir Dodik juga mengharapkan agar seluruh lapisan masyarakat agar bisa menerima warga binaan yang keluar dari Lapas sebagai masyarakat biasa yang bisa bekerja seperti biasa dan bahkan lebih baik lagi dari sebelumnya.


    "Karena di dalam Lapas mereka dibekali dengan ilmu agama,keterampilan dan keahlian serta selalu diingatkan agar tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum," pungkasnya.


    Reporter: Yudi Candra

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini