• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu

    portalberita.co.id
    Sabtu, 12/25/2021 07:44:00 AM WIB Last Updated 2022-04-19T16:36:55Z
    masukkan script iklan disini

     



    Sukabumi,- Pemdes Jayanti bersama Tim Puskesmas Kesehatan Citarik menggelar Gebyar Vaksinasi untuk warga yang mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah dan untuk masyarakat umum. Kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan di Aula Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jum'at (24/12/2021).


    Acara dihadiri oleh Kepala Desa Jayanti beserta perangkat, Tim Kesehatan Puskesmas Citarik, Bhabinkamtibmas,Babinsa,Ketua BPD, Kadus,RT/RW serta warga yang ada di wilayah Desa jayanti.


    Kepala Desa Jayanti Nandang,S.Ag mengatakan, Alhamdulilah pada hari ini di Desa Jayanti ada pelaksanaan kegiatan gebyar vaksinasi untuk 535 orang warga. Rencana vaksinasi tersebut berkaitan erat dengan surat undangan dari Dinsos yang melalui Bank BNI terkait dengan penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang Insya Allah nanti akan kita salurkan kepada warga pada hari Senin (27/12/2021).


    "Karena memang kita mensupport juga terkait tentang masih minimnya pencapaian target vaksinasi di wilayah kerja Puskesmas Citarik, terutama di wilayah Desa Jayanti masih banyak warga juga yang sampai saat ini belum di vaksin," ungkapnya.


    Nandang pun menjelaskan bahwa hubungan vaksinasi dengan penyaluran KKS nanti adalah sebagai implementasi dari Perpres 14 Tahun 2021, yang dimana mewajibkan target sasaran vaksinasi berhubungan dengan warga yang akan mendapatkan Bansos. Maka wajib harus di vaksin,dan menyeluruh juga kepada warga. Meskipun tidak mendapatkan bantuan, banyak juga warga non bansos yang ikut serta dalam proses kegiatan vaksinasi hari ini.


    "Total sasaran hari ini yang di vaksin sebanyak 535 orang, tapi ada juga warga Desa Citarik yang masuk ke Desa Jayanti sebanyak 23 orang, artinya kita prediksi diangka 515 orang untuk target hari ini," ujarnya.


    Tetapi diantara 515 orang ini yang kami pahami, lanjut Nandang, sudah banyak juga warga yang memang di vaksin. Asumsi saya dari 500 ini mudah-mudahan bisa tercapai minimal diangka 200 orang yang di vaksin hari ini.


    "Jujur saja untuk Desa Jayanti belum mencapai target 70%. Ketika di awal Desa Jayanti sudah mencapai angka 60%, tetapi di karenakan di tengah perjalanan target sasaran nya justru ditambah dari 25 ribu,sekarang menjadi 34 ribu. Ini kan menjadi kemerosotan persentase di Desa Jayanti, dimana yang dulu kita sudah mencapai 60% maka merosot kembali ke angka 40%," katanya.


    Tapi sekarang, masih kata Nandang, setiap hari selama minggu-minggu kemarin, baik dari posyandu dan tenaga Nakes dan baik door to door atau komunitas di perkampungan itu selalu saja melaksanakan kegiatan vaksin. Sampai saat ini asumsi saya di Desa Jayanti yang sudah di vaksin baru sekitar kurang lebih 50%.


    "Kami berharap dengan adanya pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini mudah-mudahan warga bisa merasakan bantuan pemerintah dari dampak pandemi covid-19,dan ini merupakan keadilan untum seluruh rakyat Indonesia. Semoga mereka bisa memanfaatkan bantuan tersebut dan dengan adanya gebyar vaksinasi ini adalah sebagai upaya ikhtiar kita dalam rangka tetap menjaga kesehatan dan semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir di  Negara Indonesia,terutama di Desa Jayanti," harapnya.



    Sebelumnya, Bhabinkamtibmas Desa Jayanti Brigpol Legawan Sugian,S.H mengatakan, dengan diadakan nya gebyar vaksinasi ini saya jamin vaksin ini aman. Sebelum di suntik vaksin pun Bapak dan ibu di cek dulu kesehatan nya. Apakah ibu dan bapak ini bisa vaksin atau tidak?


    "Karena vaksin ini harus betul-betul di kedepan kan, supaya kita kebal dari penyebaran virus corona dan semoga kita bisa kembali ke kehidupan yang seperti semula," terangnya.


    Sementara itu, Babinsa Desa Jayanti Peltu Candra Sigit Prabowo mengucapkan terima kasih kepada kehadiran warga yang sangat antusias dalam pelaksanaan vaksinasi hari ini. Tentunya pada saat pelaksanakan vaksinasi ini sambil menunggu antrian tetap melaksanakan prokes,dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.


    "Tujuan vaksin ini merupakan salah satu himbauan dari pemerintah,agar seluruh masyarakat Indonesia di akhir tahun ini pencapaian harus 70% dapat di vaksinasi," pungkasnya.


    Kegiatan gebyar vaksinasi di Desa Jayanti berjalan dengan aman,lancar dan kondusif,serta diakhir kegiatan untuk warga Desa Jayanti yang di vaksin Dosis ke satu sebanyak 157 orang dan Dosis ke dua sebanyak 48 orang. Jadi total keseluruhan warga yang dapat di vaksinasi sebanyak 205 orang.


    Reporter : Irwan

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini