• Jelajahi

    Copyright © JELAJAH HUKUM

    Afiliasi MPTG

    Banner IDwebhost

    PENDIDIKAN

    Kades Jayanti Hadiri Acara Tasyakur dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Wisata Saung Katineung, Nandang: Ini Sangat Luar Biasa

    portalberita.co.id
    Selasa, 11/30/2021 10:33:00 AM WIB Last Updated 2022-04-19T16:37:26Z
    masukkan script iklan disini

    Jelajah Hukum Sukabumi


    Kepala Desa Jayanti menghadiri acara Tasyakur sekaligus dengan peringati Maulid Nabi Muhammad S.A.W di wisata Saung Katineung. Acara tersebut di inisiasi oleh pengelola wisata saung katineung yang berada di lokasi Batu Bintang Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jum'at (25/11/2021) malam.



    "Alhamdulilah kami bisa menghadiri beserta para staf, para ketua RT, para tokoh masyarakat, para tokoh agama sewilayah Desa Jayanti dan kelurahan palabuhanratu,karena memang lokasi saung katineung batu bintang berdekatan dengan perbatasan Kelurahan Palabuhanratu dan Desa Jayanti beserta warga,dan alhamdulilah lokasi acara hampir dipenuhi oleh warga," ungkap Kepala Desa Jayanti, Nandang,S.Ag


    Tausiah disampaikan oleh 4 mubaligh, diantaranya K.H.Agus Mubaroq yang di kenal dengan Kiai Balastrang, kemudian ada K.H.Ki Balap Muda atau dikenal dengan panggilan Ajeungan Bohay, dan yang lainnnya ada Kiai Galau dan juga Kiai Jomet.


    Ada hal yang menarik,lanjut Nandang, menurut kami selaku Pemerintahan Desa ketika acara tersebut diselenggarakan di saung katineung,dimana kita ketahui saung katineung adalah lokasi view wisata yang berada di wilayah Desa Jayanti yang setiap saat terutama di hari weekand di kunjungi oleh para wisatawan,dengan penataan wisata didalam nya ada banyak saung-saung. Kemudian lokasi tersebut digunakan untuk kegiatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. Maka para jamaah yang tolabullilmu bisa memilih  tempat dimana pun mereka sesuka nya.


    "Adapun hal yang unik buat saya yaitu tempat wisata digunakan untuk kegiatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W dan ini sangat luar biasa, mudah-mudahan menjadi berkah buat tempat wisata tersebut," ucapnya.


    Kades Jayanti Nandang,S.Ag sangat mengapresiasi kepada pengelola saung katineung,terutama buat pak ustad Pasha kemudian kepada pemilik lokasi tersebut yaitu almarhum K.H.Ahmad Hamidin.


    "Selain dari apresiasi,kami juga menekankan kepada warga tentang penting nya dalam urusan vaksinasi,apalagi jayanti termasuk kedalam wilayah kerja puskesmas citarik," paparnya.


    Dimana puskesmas citarik hari ini,masih kata Nandang, capaian target vaksinasi yang semula kurang lebih 24 ribu warga,sekarang bertambah menjadi 35.069 warga target sasaran.


    "Ini adalah PR yang harus kita kerjakan bersama-sama,itu penekanan yang pertama dan yang kedua bahwa kami juga menekankan kepada pengelola dan kepada warga masyarakat yang berada di wilayah Desa Jayanti yang berada lokasi wisata Batu Bintang tentang penting nya merawat dan menjaga sepadan pantai,agar jangan sampai melakukan hal-hal yang diluar aturan," tuturnya.


    Nandang,S.Ag juga menekankan kepada seluruh warga yang hadir, terutama kepada warga Desa jayanti yang ada diwilayah Cipatuguran ada aset Desa Jayanti atau Tanah Desa yang hari ini digarap oleh warga.


    "Kami menekankan tidak boleh memperjualbelikan aset tersebut atau membangun diatas lahan tersebut,karena bagaimanapun itu adalah aset desa yang sewaktu-waktu baik desa maupun pemerintah diatasnya bisa saja menggunakan lahan tersebut untuk kepentingan yang lebih umum sifatnya,maka kami menekankan kepada warga untuk bisa merawat dan menjaga," tegas Nandang.



    Nandang pun menghimbau kepada pengelola ataupun warga yang berada di wilayah wisata tersebut untuk membayar kewajiban nya pajak holo atau dengan bahasa tumpang sari/magar sari, karena Desa juga memiliki kewajiban kepada pemerintah untuk membayar pajak termasuk aset desanya.


    Nandang berharap dalam kesempatan ini mudah-mudahan kegiatan yang seperti ini,dimana lokasi destinasi wisata digunakan untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W dan Tasyakuran menjadi berkah,yang Insya Allah menurut hemat saya ada image yang ketika disebut Destinasi wisata atau pun biasanya atau misalnya itu kan berdekatan dalam hal-hal dalam kata kutip (maksiat), tetapi Alhamdulilah untuk obyek wisata saung katineung melakukan hal yang sangat positif,dimana disana sudah ada mushola untuk kegiatan shalat dan lokasinya juga digunakan untuk kegiatan keagamaan selain tentu saja untuk kegiatan destinasi wisata


    "Jadi menurut saya ada sisi tafakur dan ada sisi tasyakur dan ada sisi tadafur. Mudaha-mudahan semuanya menjadi berkah, Aaminn," pungkasnya.


    Reporter : Irwan

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini